TUGAS SASTRA "ALIRAN SASTRA"


Ibu - Iwan Fals

Ribuan kilo jalan yang kau tempuh
Lewati rintang untuk aku anakmu

Ibuku sayang masih terus berjalan
Walau tapak kaki penuh darah penuh nanah

Seperti udara kasih yang engkau berikan
Tak mampu ku membalas...
Ibu
Ibu

Ingin kudekap dan menangis dipangkuanmu
Sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu

Lalu do'a-do'a baluri sekujur tubuhku
Dengan apa membalas...
Ibu
Ibu
# Analisis
            Menurut saya lagu yang berjudul Ibu dari Iwan Fals menceritakan dan menggambarkan tentang pengorbanan seorang Ibu yang sangat dikagumi. Aliran lagu ini adalah realisme. Selain itu ditemukan juga aliran romantisme pada lagu tersebut, karena ada pemilihan diksi yang indah yaitu”seperti udara kasih yang engkau berikan...”. Makna lagu tersebut adalah seorang Ibu yang kita sayangi yang rela berkorban untuk kita anaknya. Walaupun banyak cobaan dan ujian yang dihadapi beliau tetap berusaha yang terbaik untuk anaknya. Kasih sayang yang beliau berikan tak terkira besarnya seperti udara yang kita hirup setiap hari. Hingga kita tak dapat membalas kasih sayang yang di berikan. Saat kita mendapat cobaan ingin rasanya selalu dipeluk dan menangis dipangkuan seorang ibu, sampai tertidur dan lupa akan masalah yang kita hadapi.  Lantunan Do’a-do’a yang indah selalu membuat kita tenang. Tapi sekali lagi kita tak dapat membalasnya.


Puisi Ibu Karya Chairil Anwar


Pernah aku ditegur
Katanya untuk kebaikan
Pernah aku dimarah
Katanya membaiki kelemahan
Pernah aku diminta membantu
Katanya supaya aku pandai

Ibu…..

Pernah aku merajuk
Katanya aku manja
Pernah aku melawan
Katanya aku degil
Pernah aku menangis
Katanya aku lemah

Ibu…..

Setiap kali aku tersilap
Dia hukum aku dengan nasihat
Setiap kali aku kecewa
Dia bangun di malam sepi lalu bermunajat
Setiap kali aku dalam kesakitan
Dia ubati dengan penawar dan semangat
Dan Bila aku mencapai kejayaan
Dia kata bersyukurlah pada Tuhan

Namun…..
Tidak pernah aku lihat air mata dukamu
Mengalir di pipimu
Begitu kuatnya dirimu….

Ibu….

Aku sayang padamu…..
Tuhanku….
Aku bermohon padaMu
Sejahterakanlah dia
Selamanya…..
#Analisis
            Puisi yang berjudul Ibu karya Chairil Anwar ini beraliran realisme, karena cara pengarang menyampaikan puisi tersebut tidak berlebihan. Tidak banyak menggunakan diksi atau pemilihan kata yang indah. Puisi diatas menceritakan seorang Ibu. Maknanya seorang ibu yang mengajarkan dan membimbing anaknya untuk menuju kebaikan. Ibu yang mengarahkan anaknya agar pandai dan selalu tegar juga kuat. Ibu yang selalu tegar dan kuat dan tidak pernah bersedih. Selalu mengajarkan untuk bersyukur kepada tuhan jika berhasil. Ibu yang akan selalu menuntun kearah yang lebih baik.

#Persamaan antara Lagu dan Puisi berjudul Ibu
            Selain sama-sama berjudul Ibu, Puisi dan lagu diatas juga memiliki beberapa persamaan diantaranya; sama-sama menceritakan tentang seorang Ibu. Sama-sama tidak kenal lelah dan tidak berputus asa saat menghadapi cobaan seperti pada bait lagu “Ribuan kilo jalan yang kau tempuh... Lewati rintang untuk aku anakmu... Ibuku sayang masih terus berjalan...Walau tapak kaki penuh darah penuh nanah...” dan pada bait puisi “Tidak pernah aku lihat air mata dukamu....Mengalir di pipimu...”. Selain itu keduanya sama-sama beraliran realisme.

#Perbedaan antara Lagu dan Puisi berjudul Ibu
            Pada puisi dan lagu diatas selain memiliki persamaan keduanya juga memiliki perbedaan. Pada puisi tidak terikat oleh nada dan irama, Sedangkan lagu terikat. Cara penyampaian keduanya juga berbeda. Pada lagu terikat dengan jumlah suku kata tapi pada puisi tidak terikat oleh suku kata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Sastra (Perbandingan Novel Ronggeng Dukuh Paruk dan Tarian Bumi)

ANALISIS FILM “TANAH SURGA KATANYA”

CURHAT 2021